Hakikat Pembinaan Kepedulian Siswa
Kepedulian
merupakan salah satu dari bentuk emosi yang berkaitan dengan moral. Kepedulian disebut juga dengan empati.
Pengertian kepedulian adalah emosi
manusia
yang muncul karena menyaksikan kenyataan buruk yang terjadi sehingga timbul
keinginan untuk mengambil sikap.[1]
Dalam
proses pendidikan, di samping siswa dididik dalam bidang kognitif, siswa juga
diberi penanaman nilai moral, salah satu diantaranya adalah kepedulian.
Kepedulian digolongkan kepada ranah afektif. Lebih lanjut dalam psikologi,
kepedulian digolongkan kedalam Emosional Question.
Guru
dalam menanamkan nilai kepedulian kepada siswa mesti memperhatikan hal berikut:
a. Ketika mengajari anak-anak bersikap
peduli, pengalaman harus diberikan kepada anak, tidak cukup hanya dibicarakan
saja.
b. Walaupun bahasa dan logika pada bagian
otak dalam berfikir penting, namun dalam menanamkan nilai sangat perlu rasa.
Seperti rasa bangga dan rasa memiliki yang menyertai saat berbuat sesuatu untuk
menolong orang lain.[2]
[1]Hamzah B. Uno, Orientasi
Baru dalam Psikologi Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), h. 180
[2] Lawrence E. Shapiro, Mengajarkan
Emotional Intelligence, ( Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2003), h. 60
Tidak ada komentar:
Posting Komentar